11 Januari 2008

"Banting" harddisk Anda untuk memperbaikinya.

Lho, lihat atau baca judul topiknya udah miris.

Tenang, kata banting di sini bukan sembarang banting, ada asal-usulnya.

Baru2 ini penulis mengikuti pelatihan perbaikan hardware komputer. Ketika itu si trainer membahas masalah bagaimana cara memperbaiki harddisk dengan berbagai macam kondisi kerusakan.

Salah satu peserta, teman penulis sendiri, bertanya pada si trainer, "Pak, saya pernah melihat atau membaca di internet, bahwa kalau ada msalah tertentu dengan harddisk, katanya kita harus menjatuhkan harddisk tersebut ke tanah/alas yang empuk"

"Gerrrrrrr, huahuhuhaaaaa....", itulah kira2 suara peserta lain yang mendengarnya.

Akhirnya pak Trainer menjawab, "Ya, memang kadang2 cara itu diperlukan."

Alasan beliau:
1. Harddisk tersebut di dalamnya merupakan alat mekanik yang di dalamnya terdapat sebuah lock pada head-nya. Dan terdapat sebuah alat magnetis.
2. Dalam kondisi tertentu, saking begitu lamanya atau panasnya harddisk tersebut, kekuatan magnet akan melemah. Dan kadang2 pula lock pada head akan mengunci, dimana kuncian tersebut tidak akan bisa membuka kecuali ada gerakan "agak memaksa" dari luar.

Nah, bantingan itulah yang menyebabkan lock pada head bisa terbuka.
Caranya: Jatuhkan harddisk dari ketinggian kurang lebih 30 CM pada suatu alas yang empuk, misal kasur. Jangan terlalu keras hingga menyebabkan harddisk terpental dan mengenai tembok, nggak lucu nanti harddisk Anda jadi rusak.

Kemudian untuk mengembalikan kekuatan magnet sementara, masukkan harddisk dalam sebuah plastik tahan embun, seperti plastik wadah daging kalau seuka beli ke supermarket, masukkan dalam pendingin.

Bapak trainer mengatakan, bahwa beliau pernah mendinginkan harddisk kliennya dalam freezer selama 1 bulan, hal itu bisa menambah daya magnet harddisk kurang lebih 6-12 bulan.

So, tergantung jenis kerusakan harddisk juga sih.
Tapi, warning lho, jangan coba2 tips ini kalau Anda ragu2, tanyakan pada ahlinya.

Mudah2an tips ini menambah pengetahuan kita.

Have fun!

Tidak ada komentar: