15 Januari 2008

Ilustrasi Prosesor dan Memori pada Komputer

Bertahun-tahun penulis berhubungan dengan yang namanya komputer dan teknologi apapun yang berkaitan dengan komputer mendorong penulis untuk lebih memahami cara kerja dari komponen-komponen dalam sebuah sistem komputer.

Beberapa komponen2 yang sering kita ketahui adalah:
- Brainware (Perangkat Otak -> alias Sumber Daya Manusia)

Komputer itu ada karena dibuat oleh manusia dan digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia.
Yang mengoperasikan komputer tersebut juga manusia, meskipun sekarang sudah ada yang namanya Kecerdasan Buatan yang dibuat untuk otomasi kerja komputer. Itupun tidak 100% tanpa kontrol dari tangan manusia.

- Hardware (Perangkat Keras -> bisa kita pegang, rasakan secara langsung)

Perangkat yang berhubungan langsung dengan manusia, misal: monitor, mouse, keyboard, cpu.

- Software (Perangkat Lunak -> tidak bisa dirasakan atau diraba secara langsung oleh kita)

Perangkat ini digunakan untuk membantu manusia mengontrol atau memanfaatkan penggunaan komputer, meliputi penggunaan perangkat2 keras yang terlibat dalam sistem komputer.
Salah satu perangkat lunak yang paling penting biasa disebut Sistem Operasi, sebut saja semacam: Windows XP/Vista, Linux, Unix, MacOS, dan lain-lain.

Sistem Operasi ini membantu manusia dalam berhubungan dengan perangkat2 keras tersebut. Misalnya, membantu manusia dalam membunyikan suara melalui speaker, memunculkan tulisan2 yang diketik dalam keyboard pada monitor, dan lain-lain.

Baiklah, sesuai judul topik ini, beberapa komponen komputer yang sering didengar oleh telinga manusia secara awam di antaranya adalah prosesor dan memori (memori utama, sering disebut RAM).

Prosesor dan memori ini berada dalam CPU (Central Processing Unit), yang merupakan otak dalam komputer.

Gambar prosesor dalam motherboard















Kalau kita melihat brosur2 atau daftar2 harga prosesor yang dibuat toko2 komputer, di situ terdapat sebuah angka yang menandakan kecepatan dari satuan kerja yang dibuat oleh prosesor, misal 2000 MHz, dsb.

Paling gampang membayangkan kerja prosesor ini adalah seperti seorang pelari yang memutari lapangan.
Setiap kali seorang pelari tersebut memutari lapangan satu kali dalam sekali waktu tertentu, kalau di prosesor bisa kita samakan dengan satuan 1 Hz (Hertz). Anggap saja pelari tersebut dapat melakukan 1 putaran dalam 10 menit.















Sedangkan dalam satuan 1 MHz (Mega Hertz) = 1 juta Hz, bisa disamakan seorang pelari dapat melakukan i juta putaran dalam 10 menit.
Bagaimana kalau 2000 MHz? Bisa Anda hitung sendiri.

Nah, kembali lagi ke prosesor, semakin tinggi nilai clock speed atau kecepatannya, berarti tiap detiknya dia bisa melakukan tugas atau kerja semakin banyak.

Gambar-gambar memory atau RAM




























Sekarang mengenai memori. Satuan memori, dalam hal ini RAM (Random Access Memory) yang sering kita lihat atau baca adalah Mb (Megabyte), bahkan Gb (Gigabyte).















Misal: Memori 128 M, 256 Mb, 512 Mb, 1 Gb atau 1024 Mb, dan seterusnya.

Memori ini berguna dalam hal berapa sih kapasitas program2 dalam komputer yang boleh diakses saat itu.

Ilustrasinya, sekarang kita menggunakan seorang pelayan atau pramusaji pada restoran2, yang suka bawa nampan wadah makanan.

Memori ini diibaratkan sebagai nampan, semakin luas nampan maka semakin banyak makanan yang bisa dibawa. Dalam komputer, semakin besar memori maka semakin banyak aplikasi2 yang bisa dimuatkan untuk dieksekusi. Setiap aplikasi atau program untuk bisa dieksekusi atau diproses oleh prosesor lebih lanjut, harus dimuatkan ke memori lebih dahulu.

Sedangkan prosesor dalam hal ini adalah kecepatan si pramusaji tersebut dalam melayani konsumen. Semakin cepat dan gesit gerak kerjanya, maka semakin banyak konsumen yang dilayani.

Begitulah kurang lebih gambaran tugas2 prosesor dan memori dalam komputer.
Mudah2an kita semakin paham dengan prosesor dan memori pada komputer ini.

Catatan: Ilustrasi ini adalah yang dipahami oleh penulis, mungkin oleh orang lain beda lagi pemahamannya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalau analogi saya,

Prosesor adalah mesin pompa yang menyedot air dan Memory adalah keran air yang mengeluarkan.

Bisa gak :D

galih mengatakan...

Sebenarnya untuk analogi itu tergantung pemahaman masing2 orang. Bisa jadi apa yang saya analogikan tidak sesuai buat orang lain.

Apabila Anda memisalkan dengan mesin pompa dan keran, itu sih sah2 saja.

Just having fun!